Kota Roswell di AS, terkenal sebagai lokasi paling sering muncul penampakan UFO dan alien. Setiap tahunnya digelar festival seru untuk merayakan fenomena itu.




Roswell - Kota Roswell di AS, terkenal sebagai lokasi paling sering muncul penampakan UFO dan alien. Setiap tahunnya digelar festival seru untuk merayakan fenomena itu.

Kemunculan penampakan UFO atau alien sampai saat ini memang masih jadi misteri. Apakah itu fakta, atau sekadar teori konspirasi belaka? Tak ada yang tahu pasti jawabannya.

Tapi yang namanya manusia, kreativitas pasti akan selalu ada. Fenomena UFO dan alien yang masih belum terbukti kebenarannya justru disulap menjadi sebuah festival tahunan seru yang cukup menarik bagi wisatawan.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (3/11/2016), nama festival seru bertema UFO dan Alien ini yaitu Roswell UFO Festival. Festival tahunan ini digelar di Kota Roswell, negara bagian New Mexico, AS. Rosweell sendiri dapat ditempuh selama 3 jam naik mobil dari Santa Fe, ibukota New Mexico.

Sesuai dengan namanya, Roswell UFO Festival ini menampilkan aneka parade kostum makhluk luar angkasa, sampai mobil hias berbentuk seperti piring terbang. Tentu saja kostum-kostum itu dibuat mirip dengan aslinya, beserta aksesoris pelengkapnya.


Keseruan parade kostum selama Roswell UFO Festival (Roswell UFO Festival)
Sejarahnya, pada bulan Juli 1947, Kota Roswell sebagaimana layaknya kota kecil di AS hidup dalam kondisi yang tenteram dan tanpa gejolak. Sampai pada satu malam ada satu benda misterius yang jatuh di area hutan, sekitar 7,6 Km sebelah utara Kota Roswell.

Berdasarkan penuturan saksi mata, benda jatuh tersebut bentuknya mirip dengan pesawat, tapi bukan pesawat yang seperti kita lihat sekarang. Suara jatuhnya pun sangat keras dan memekakkan telinga.

Roswell Army Air Field (RAAF), sebuah pangkalan militer melaporkan telah menangkap gambar objek yang misterius dalam radar mereka. Bentuknya lebih mirip sebuah piring terbang dibandingkan dengan sebuah pesawat. Selanjutnya, objek tersebut mendapat sebutan sebagai UFO (Unidentified Flying Object).


Ilustrasi UFO (Thinkstock)
Namun tak sampai hitungan hari, RAAF mencabut laporannya. Benda jatuh tersebut mereka identifikasi sebagai balon udara. Sontak kontroversi pun mengiringi kisah ini. Teori konspirasi menyeruak ke permukaan, sementara Pemerintah AS dan pihak militer tetap pada kesimpulan awalnya, atau malah memilih untuk bungkam dan menutup-nutupi fakta yang ada.

Namun masyarakat Kota Roswell mengaku tak mau ambil pusing atas kejadian tersebut. Mereka justru menggagas adanya sebuah festival bertemakan UFO dan Alien tepat setahun setelah kejadian tersebut. Mungkin ini semacam sindiran kepada pihak terkait, sekalian saja dibuat Roswell UFO Festival untuk lucu-lucuan dan seru-seruan.


Kostum selama festival ini lucu-lucu (Roswell UFO Festival)
Jadilah, Roswell UFO Festival dibuat sebagai bentuk perayaan pemberitaan UFO yang jatuh di Roswell dan membuat nama kota itu terkenal di seantero AS.

Penduduk Roswell nampaknya senang-senang saja ikut berparade mengenakan kostum alien yang unik-unik. Mereka malah seru-seruan dan bergembira bersama selama pelaksanaan festival yang digelar setiap tahun tersebut.

Lama kelamaan, wisatawan juga ikut tertarik untuk datang dan meramaikan festival ini. Jadilah Roswell UFO Festival jadi hajat tahunan yang banyak mendatangkan turis, serta tentu saja pemasukan tambahan bagi warga Kota Roswell.



Wisatawan berfoto dengan alien (Roswell UFO Festival)
Roswell UFO Festival pun tetap digelar hingga tahun ini. Di tahun 2016, festivalnya jatuh pada tanggal 30 Juni sampai 3 Juli. Selama 4 hari pelaksanaan festival, parade kostum dan mobil hias bertemakan UFO dan alien memenuhi jalanan kota.

Selain itu, ada pula Alien Costume Contest yang diikuti oleh anak-anak. Ada pula event lari bertajuk Alien Chase dengan jarak sejauh 5 sampai 10 km, serta seminar soal alien serta pertunjukan musik.




Perlombaan kostum alien yang diikuti anak-anak (Roswell UFO Festival)
Rata-rata tak kurang ada 20 sampai 30 ribu orang turis memadati festival ini setiap tahunnya. Mereka datang dari beberapa kota di AS, sampai ada pula yang datang dari luar AS. Semua bergembira merayakan Perayaan UFO dan Alien.

Sungguh suatu festival yang unik dan tidak biasa! Tertarik ikut festival ini tahun depan, traveler?

Festival UFO ini menarik perhatian turis untuk datang ke Kota Roswell (Roswell UFO Festival)
(wsw/krn)

source : detik.com
Insp21

Insp21

Share Pengalaman kamu membaca di Insp21

Post A Comment:

0 comments: