Diabetes dan ragam penyakit pada sistem kardiovaskular identik dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Padahal tidak melulu demikian.
Jakarta, Diabetes dan ragam penyakit pada sistem kardiovaskular identik dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Padahal tidak melulu demikian.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Cambridge University terhadap 200.000 orang menunjukkan adanya variasi genetik tertentu dapat menentukan apakah tubuh seseorang mampu menyimpan kelebihan lemak di bawah kulit ataukah tidak.

Total terdapat 53 variasi genetik berbeda yang mencegah tubuh untuk menyimpan lemak di bawah kulit. Pada orang-orang ini, lemak yang masuk ke tubuh tersimpan di sekitaran organ-organ penting tubuh seperti hati, pankreas maupun otot atau 'terombang-ambing' di aliran darah.

Padahal jika kemampuan ini tidak dimiliki dan lemak tersimpan di dekat organ vital, tubuh menjadi resisten atau kebal terhadap hormon insulin yang seharusnya mengatur kadar gula darah, lantas meningkatkan risiko beragam penyakit seperti diabetes tipe 2, serangan jantung dan stroke.


Menurut peneliti, inilah alasan di balik mengapa orang kurus dan tak begitu doyan makan masih bisa terserang diabetes tipe 2 dan mengapa orang yang gemuk belum tentu terkena penyakit ini.

Data global menunjukkan 'hanya' 43 persen pasien diabetes yang juga mengalami obesitas dan 43 persen lainnya kelebihan berat badan. Sedangkan penyandang diabetes dan memiliki bobot ideal mencapai 14 persen.

Ditambahkan peneliti, dari 20 persen populasi dengan jumlah variasi genetik terbanyak, risiko diabetes mereka akan bertambah 39 persen lebih banyak bila dibandingkan 20 persen populasi dengan risiko genetik terendah.

"Studi ini menunjukkan pentingnya penyimpanan lemak di bawah kulit sebagai energi cadangan akibat makan berlebihan dan kurangnya latihan fisik," tandas salah satu peneliti Dr Luca Lotta seperti dilaporkan BBC.

Namun bukan berarti seseorang yang terlahir dengan variasi genetik ini hanya bisa pasrah. Peneliti juga mengatakan pola makan yang sehat dan rutinitas berolahraga dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah di tubuh, terlepas dari berapapun berat badan Anda.

source : detik.com
Insp21

Insp21

Share Pengalaman kamu membaca di Insp21

Post A Comment:

0 comments: