Alergi merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi pada anak-anak dan membuat para orang tua khawatir. Untuk mencegah timbulnya alergi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua.


Jakarta, Alergi merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi pada anak-anak dan membuat para orang tua khawatir. Untuk mencegah timbulnya alergi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Salah satunya adalah rutin mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon sejak hamil. Para peneliti mengungkapkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi ikan berminyak saat hamil atau selama menyusui, dapat menurunkan risiko anak-anaknya kelak mengembangkan alergi.

Temuan ini menunjukkan bahwa anak-anak yang diperkenalkan dengan ikan dan telur, sebagai sumber utama asam lemak omega 3, sebelum usianya mencapai 11 bulan, memiliki risiko lebih rendah untuk terkena alergi.

"Pola makan keluarga yang rutin mengonsumsi ikan tampaknya membantu mengurangi risiko alergi," kata Karin Jonsson, peneliti dari Chalmers University of Technology di Swedia.

Menurut Jonsson, anak-anak yang diberi ikan, telur dan tepung di tahap awal kehidupannya cenderung memiliki peningkatan kadar omega-3 di dalam darahnya, sehingga lebih sedikit risikonya untuk mengalami alergi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat lahir, serta saat anak berusia empat bulan, mereka cenderung memiliki proporsi yang lebih tinggi dari omega-3 dalam darah mereka.

"Peningkatan kadar ini berhubungan dengan asupan ikan berminyak ibunya. Para ibu dari anak-anak dengan proporsi tinggi omega-3 dalam darahnya, diketahui rutin makan ikan selama kehamilan dan menyusui. Kami juga mendapatkan bukti ini dari air susu ibu (ASI) mereka," imbuh Jonsson.

Penelitian lain dari Southampton University juga mengungkapkan hal serupa. Disebutkan bahwa memakan seafood, utamanya ikan salmon, saat hamil dapat menghindarkan si janin dari risiko gangguan pernapasan seperti asma di kemudian hari.

Menurut peneliti Prof Philip Calder, ini karena paparan asam lemak dari salmon diklaim dapat meningkatkan kemampuan sistem imun si bayi sehingga pada saatnya nanti sistem imun tidak akan memberikan reaksi berlebihan bila berhadapan dengan pemicu asma anak semisal bulu binatang dan serbuk sari.

Apalagi salmon juga mengandung vitamin D. Namun peneliti tidak mengatakan seluruh jenis seafood mampu memberikan manfaat serupa, sebab yang disebutkan hanyalah jenis ikan saja. Selain salmon, ada juga mackerel, sarden, trout dan herring yang dikenal kaya lemak ikan.

(ajg/vit)

source : detik.com
Insp21

Insp21

Share Pengalaman kamu membaca di Insp21

Post A Comment:

0 comments: