Bandara Barra di Skotlandia dikenal atas landasannya yang berlokasi di pantai. Kini 80 tahun sudah, bandara itu pun masih memakai pantai sebagai landasan.




Barra - Bandara Barra di Skotlandia dikenal atas landasannya yang berlokasi di pantai. Kini 80 tahun sudah, bandara itu pun masih memakai pantai sebagai landasan.

Dilansir detikTravel dari BBC, Jumat (4/11/2016) tahun ini Bandara Barra di Skotlandia telah memasuki tahun ke 80 setelah pertama kali diresmikan. Tapi tahukah traveler, landasan bandara ini berlokasi di pantai. Sungguh unik.

Sejarahnya, sebuah pesawat pertama kali mendarat di Pantai Traigh Mhor, Skotlandia pada bulan Agustus 1936. Oleh karena itu, pantai tersebut langsung diresmikan sebagai landasan dari Bandara Barra.

Dikelola oleh pihak Highlands and Islands Airports Limites atau disingkat HIAL, Bandara Barra juga masuk dalam 10 jajaran pantai terindah di dunia. Keindahan Pantai Traigh Mhor yang juga sekaligus menjadi landasan memang begitu memukau.


Pantai ini pertama kali didarati pesawat tahun 1936 (BBC Travel)
Bayangkan saja, penumpang pesawat dapat melihat keindahan pantai pasir putih dan laut biru sesaat sebelum mendarat. Ketika mendarat, traveler juga dapat langsung menginjak pasir pantai putih. Asyik sekali!

Tapi berhubung berlokasi di pantai, tentunya landasan tidak dapat didarati oleh pesawat ketika air sedang pasang. Pesawat yang diperbolehkan mendarat di Bandara Barra juga dibatasi hanya pesawat kecil.

Sehari-harinya Bandara Barra melayani penerbangan antar pulau dan dari Glasgow saja. Setiap tahunnya, bandara ini dikunjungi oleh sekitar 10 ribu penumpang.


Bandara ini pun ditutup ketika air pasang (Thinkstock)


source : detik.com
Insp21

Insp21

Share Pengalaman kamu membaca di Insp21

Post A Comment:

0 comments: