Desa dengan satu penduduk di China. ©2016 Merdeka.com/Shanghaiist

China dinobatkan sebagai negara paling padat penduduk di muka bumi. Gara-gara julukan itu, orang seringkali lupa bahwa banyak wilayah Tiongkok hanyalah padang ilalang kosong atau gurun tanpa manusia satupun. Anomali ini juga dialami Desa Xuenshanshe. Secara resmi, desa di Provinsi Gansu itu cuma dihuni satu manusia saja, ditemani beberapa kambing peliharaannya. Nama penduduk yang tinggal sebatang kara itu adalah Liu Shengjia. Pria paruh baya ini sejak 10 tahun terakhir nekat bertahan di Xuenshanshe. Seluruh tetangganya sudah pindah rumah atau meninggal.

Kondisi desa Xuenshanshe memang kurang layak, sebab pasokan air minim serta sulit bercocok tanam di sana. Sekadar belanja saja butuh waktu dua jam perjalanan ke desa tetangga.
Shengjia mengaku mau tinggal seorang diri di desa itu karena suasananya damai. Dia pun masih bisa menghidupi dirinya dengan merawat hutan kecil di pinggiran desa.


Liu Shengjia hidup sendirian di desa Provinsi Gansu(c) 2016 Merdeka.com/Shanghaiist

Uniknya walau desa tersebut cuma dihuni satu penduduk, pemerintah China tidak memutus aliran listrik. Di rumahnya yang mungil, Shengjia masih bisa menikmati lampu, komputer, serta mengakses telepon pintar dengan sinyal lumayan baik.

Walau betah hidup seorang diri, ternyata Shengjia tidak menutup kemungkinan pindah ke desa lain. Sejauh ini dia mengaku belum terlalu kesulitan hidup tanpa manusia lain.
"Saya masih menimbang-nimbang, kapan waktu yang tepat pindah rumah," ujarnya.


Insp21

Insp21

Share Pengalaman kamu membaca di Insp21

Post A Comment:

0 comments: