India masih punya banyak cerita yang menarik. Salah satunya, cerita tentang wanita suku Bishnoi yang menyusui rusa. Pernah dengar?






Jaipur - India masih punya banyak cerita yang menarik. Salah satunya, cerita tentang wanita suku Bishnoi yang menyusui rusa. Pernah dengar?

Suku Bishnoi mendiami kawasan pegunungan di Negara Bagian Rajasthan, paling banyak tinggal di wilayah Khejarli. Situs CNN Travel dan BBC seperti ditengok detikTravel, Jumat (30/9/2016) pernah membahas tentang suku ini yang memiliki tradisi unik. Tradisi menyusui rusa yang dilakukan oleh para wanitanya.

Sebenarnya begini, suku Bishnoi menganut ajaran Hindu dari Sri Jumbheshwar Bhagwan sejak abad ke-15. Salah satu ajaran pentingnya adalah untuk mencintai sesama mahluk hidup, baik kepada antar manusia termasuk pada hewan dan tumbuhan.


Ajaran suku Bishnoi untuk menjaga alam, termasuk tidak menebang pohon (@ebishnoism/Facebook)



Saat menanam tanaman pun dibacakan doa agar tumbuh dengan baik (@ebishnoism/Facebook)


Maka dari itulah, mereka sangat menjaga lingkungannya. Mereka merawat tiap tumbuhan, memupuknya dan menyiramnya hingga tumbuh tinggi. Bahkan mereka tidak pernah menebang pohon!

Suku Bishnoi pun sangat mencintai hewan. Mereka tak segan untuk memberi makan untuk hewan liar yang ditemui di jalan. Jika ada hewan yang terluka, orang-orang bakal berbondong-bondong untuk membantunya.

Ada yang menarik terkait kasih sayang suku Bishnoi terhadap hewan. Khususnya rusa yang dianggap sebagai hewan yang suci, para wanita suku Bishnoi akan menyusui anak-anak rusa.

Para wanitanya percaya, mereka punya kewajiban untuk membesarkan rusa. Jangan kaget ketika melihat anak manusia dan anak rusa sama-sama sedang disusui oleh para wanita suku Bishnoi.


Menyusui rusa malah sudah dianggap kewajiban bagi wanita suku Bishnoi (@ebishnoism/Facebook)



Rusa yang dianggap sebagai keluarga sendiri (@ebishnoism/Facebook)


Menariknya lagi, hampir semua anak-anak kecil di sana tumbuh besar bersama anak-anak rusa. Mereka terlihat sangat akrab, sampai-sampai menganggap si rusa sebagai saudara kandung sendiri. Percaya tidak percaya, suku Bishnoi bahkan mengaku dapat berkomunikasi dengan hewan.

Suku Bishnoi memang hidup harmoni dengan alam. Situs BBC saja sampai memberikan julukan kepadanya, 'Original Conservationists'

Sudah banyak pujian yang mengalir kepada suku Bishnoi. Orang-orang suku Bishnoi memilih untuk terus menjaga tradisinya dan mereka sudah nyaman dengan cara hidup seperti itu. Hidup menyatu dengan alam, berbuat kebaikan untuk semua.


Suku Bishnoi yang sangat menghormati rusa (@ebishnoism/Facebook)

source : detik.com

Insp21

Insp21

Share Pengalaman kamu membaca di Insp21

Post A Comment:

0 comments: